Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Kamis, 26 Desember 2013

STUDY ILMIAH SMARING DI KOTA GUDEG JOGYAKARTA

Kunjungan di istana presiden yogyakarta
Cluring (27/12/13) - Study tour adalah merupakan salah satu metode pembelajaran dikemas dengan  menyenangkan sehingga siswa diharapkan mampu untuk mempelajari, berinteraksi lansung dengan objek yang diteliti serta menarik pada saat berada dilapangan.
Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 9-11 Desember yang lalu, SMAN 1 Cluring melakasanakan study tour di Jogyakarta dan Jawa Tengah. Study yang dilaksanakan dalam tiga hari tersebut mengunjungi beberapa objek berserah di Jogyakarta dan Jawa Tengah. Beberapa Objek study tour yang di kunjungi diantaranya adalah, Museum Manusia Purba di Sangiran, Pabrik Teh Gunung Subur Karanganyar, Istana Presiden Jogyakarta, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Jogyakarta, dan candi Borobudur. 
Pada hari pertama, yang menjadi objek study siswa-siswi kelas XI (sebelas) ini adalah; Museum manusia purba di sangiran, adalahmerupakan sebuah situs arkeologi yang terlatak antara kabupaten Sragen dan kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah. dimuseum ini para siswa yang sudah dibagi dalam kelompok masing-masing dengan didampingi oleh para guide dari pihak museum sangiran melakukan penelitian, mulai dari sejarah berdirinya museum hingga koleksi yang terdapat dimuseum manusia purba sangiran ini. 
Pabrik Teh Gunung subur adalah objek study berikutnya setelah dari sangiran, pabrik teh yang terdapat di kabupaten karanganyar ini, adalah merupakan pabrik teh yang cukup dikenal, pabrik yang sebagaian besar karyawannya adalah perempuan ini memproduksi teh, baik itu teh hijau, teh kopi, teh melati, teh tradisional dan masih banyak lagi. pabrik teh ini cukup bersih sehingga para pengunjung juga merasa nyaman berada di kawasan pabrik ini. sambutan dari direksi dan juga karyawan sangat hangat dan baik sehingga kami juga merasa terhormat datang di tempat ini. sebelum mengunjungi pabrik produksi, sebelumnya para siswa diajak memasuki aula yang sudah disediakan teh untuk diminum, dan selanjutnya kami juga menyimak company profile dari pabrik teh gunung subur. acara diakhiri dengan dibagikannya cinderamata dari pabrik teh gunung subur kepada peserta study tour. 
Berikutnya yang manjadi objek study siswa smaring adalah, berkunjung di Universitas Gadjah Mada Jogyakarta, di Universitas Universitas Gadjah Mada disingkat UGM adalah merupakan Universitas negeri tertua di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949. Fakultas kedokteran dan Fakultas Hukum, kali ini yang menjadi objek study siswa. di Fakultas Kedokteran UGM, para siswa dan juga pembina disambut cukup baik dan ramah, mereka menjelaskan tentang proses awal menjadi siswa baru hingga akhirnya siswa manjadi seorang dokter.
Selanjutnya setelah dari UGM para peserta study diajak mengunjungi tempat yang sangat bersejarah dalam perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia. Di istana kepresidenan Jogyakarta yang merupakan salah satu dari lima istana presiden di Indonesia, merupakan tempat yang sangat favorite untuk kunjungan kali ini, tidak seperti pada tahun sebelumnya, sekarang ruang pamer selesai direnovasi dan kali ini para siswa bisa mengunjungi ruang pamer, yang berisi foto-foto tokoh dunia yang pernah berkunjung di istana presiden jogyakarta, selain itu juga dipajang cinderamata dan juga lukisan-lukisan dari para pelukis terkenan seperti afandi dan basuki abdullah. Keraton jogyakarta dan candi borobudur adalah objek study selanjnya, dan kunjugan para siswa berakhir di kawasan malioboro yang cukup terkenal sebagai kawasan wisata.
selanjutnya setelah melaksanakan study tour di jogyakarta ini, para siswa diberi tugas untuk membuat laporan secara tertulis yang nantinya akan diseminarkan dihadapan para panelis atau tim penguji.(hexa)

 
penukaran cinderamata

Fakultas kedokteran UGM

Fakultas kedoteran UGM

Ruang laboratorium kedokteran UGM

Observasi di ruang lab. kedokteran UGM

Istana kepresidenan Yogyakarta

Penjelasan tentang sejarah gedung agung atau istana kepresidenan jogyakarta

foto bersama di depan istana kepresidenan jogyakarta

Kunjungan di kraton jogyakarta

candi borobudur

observasi bersama guide di candi borobudur

proses pangalian data dan informasi di candi borobudur

penukaran cinderamata bersama pengelola museum manusia purba sangiran

pengalian informasi tentang museum manusia purba

foto bersama guide di museum manusia purba sangiran

di Pabrik Teh Gunung Subur jaten karanganyar

penjelasan tentang pabrik teh gunung subur

produk-produk teh gunung subur

menyimak penjelasan tentang produksi teh

foto bersama di pabrik teh gunung subur

makan siang di pabrik teh gunung subur

produk pabrik teh gunung subur

company profile pabrik teh gunung subur

penyerahan cinderamata oleh bpk. Drs. Abd.Muhith kepada pabrik teh gunung subur


 foto-foto by: hexa

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites