Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Rabu, 04 Desember 2013

EKSTRAKURIKULER SMAN 1 CLURING (part 2)

5. EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Smaring (05/12/13) - Tujuan dari Gerakan Pramuka adalah membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin,  menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup. Tujuan dari Gerakan Pramuka sejalan dengan fokus pendidikan yang karakter yang menjadi program utama dari  Pendidikan Nasional.
Hal itulah yang terus dilakukan oleh SMAN 1 Cluring untuk terus menjadikan Ekstrakurikuler Pramuka menjadi pendidikan diluar jam utama pelajaran guna membentuk karakter siswa yang tangguh dan mempunyai jiwa dan kepekaan sosial yang tinggi. Ekstrakurikuler Pramuka di smaring dilaksanakan setiap hari jum'at jam 14.00 wib dengan pembina Siswo Hariningsih, S. Pd dan Mahmud, S.Pd. 

 
Latihan Pramuka

Dewan Ambalan smaring 2013/2014



6. EKSTRAKURIKULER KARATE 

  Smaring (05/12/13) - Ekstrakurikuler Karate di SMARING selain sebuah seni bela diri, olahraga ini juga dapat membantu membangun sikap dan mental positif siswa para siswa didik. sebagai salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah  Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler karate ini siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuanya dibidang seni beladiri serta diharapkan mampu untuk meningkatkan prestasinya kelak. Seni bela diri karate yang ada di smaring tergabung dalam organisasi INKAI (Institut karate-do Indonesia) dengan pembina sekaligus pelatih Slamet Wahyono, S. Pd. Pelatih yang juga guru kimia ini menyandang sabuk hitam Dan 3, dan sudah berhasil melahirkan juara-juara karate baru di banyuwangi. ekstrakurikuler yang berasal dari negara jepang ini selalu berpartisipasi dalam kejuaraan karate baik itu tingkat kabupaten atau tingkat jawa timur.
Menurut Slamet Wahyono, S. Pd selaku Pembina Ekskul Karate mengatakan bahwa kegiatan karate ini sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa.Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif, dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler karate di smaring ini di harapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi positif para siswa sehingga diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit Atlit baru dalam bidang olah raga bela diri karate.di SMAN 1 Cluring.


 
Team Karate bersama pelatih Slamet Wahyono, S.Pd

  7. KARYA TULIS ILMIAH (KIR)

Smaring (05/12/13) - Kelompok ilmiah remaja ( KIR) adalah sekelompok remaja SMA yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu Karya Ilmiah yang didahului dengan berbagai riset dan uji coba sehingga menghasilkan sebuah kaya tulis yang kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Ekskul ini bersifat terbuka untuk seluruh siswa-siswi smaring yang berminat dengan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan
Dengan pembina Suryadi, S.Pd ini adalah salah satu ekstrakurikuler yang aktif dalam berbagai perlombaan baik itu ditingkat regional Banyuwangi ataupun tingkat jawa timur. Ekskul KIR smaring pernah menjadi juara 1 dalam KIR tingkat jawa timur dan merajai event spagheti bridge competition dengan menjadi juara 1 dalam tiga tahun terahir ini.



Team KIR SMARING Juara 2 KTI Tingkat Jatim

8. SENI MUSIK & PADUAN SUARA

Smaring (05/12/13) - Seni musik adalah salah satu wujud dari pembelajaran seni kreatif. Melalui seni musik Seseorang diharapkan untuk mampu menghasilkan karya seni serta kepekaan terhadap lingkungan sosial, dan alam. Perwujudan kreatifitas siswa dalam menciptakan sebuah karya cukup bervariasi, sesuai dengan daya kreasi ciptanya itu sendiri. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi media untuk membina siswa untuk mengembangkan daya kreasinya adalah seni musik, disamping mengasah kemampuan daya cipta. di smaring ekskul seni musik dan paduan suara merupakan salah satu alternatif para siswa untuk mengembangkan dan menyalurkan hobynya terutama dibidang seni suara atau musik. JULI SETIONO, S.Pd adalah pembina ekskul yang telah banyak menjuarai festival band ini. bahkan salah satu siswanya pernah mengikuti FLS2N tingkat nasional di medan beberapa waktu yang lalu. 


Penampilan Band Smaring dalam Festival Band antar pelajar

Pembina ekskul bersama Crew Band smaring

 9.  SENI TARI 

Smaring (05/12/13) - Kegiatan Ekstrakurikuler (Ekskul) Tari di SMAN 1 Cluring adalah merupakan Program pengembangan diri sebagai upaya bentukan watak dan kepribadian siswa, juga untuk menyalurkan minat, bakat, dan memacu kreatifitas siswa. Seni tari merupakan nilai tradisi budaya suatu bangsa yang merupakan salah satu media guna menumbuhkan kepekaan estetika (keindahan). Karena seni tari merupakan ungkapan jiwa yang mengandung unsur keindahan dalam bentuk gerakan yang teratur sesuai dengan irama yang mengiringinya. Tari adalah keindahan gerak anggota-anggota tubuh yang bergerak, berirama, dan berjiwa yang harmonis.Seni Tari merupakan ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan kedalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair, yang mengandung unsur-unsur keindahan, dan dapat mempengaruhi perasaan. Dra. Kiptiyah adalah pembina ekskul seni tari di smaring dan dibantu oleh pelatih tari yakni Lailiya eka pratiwi yang juga alumni smaring. pada tahun pelajaran 2013/2014 ini, jumlah anggota ekskul seni tari berkisar 25-30 orang siswa,mulai dari siswa kelas X, dan XI. dan latihannya 1 kali dalam seminggu di sekolah yakni setiap hari sabtu.

Penampilan seni tari dalam acara dies natalis smaring

10. SEPAK BOLA 

Smaring (05/12/13) - Sepak Bola adalah merupakan cabang olahraga yang sangat populer di masyarakat kita. Di Indonesia olahraga jenis ini sudah sangat merakyat. Demikian halnya bagi siswa-siswi di SMAN 1 Cluring, Dengan melihat keadaan ini maka kegiatan Extrakurikuler Sepak bola dibentuk dan dikembangkan dengan harapan mampu mengembangkan talenta dengan harapan dapat berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat maupun untuk lebih berprestasi di masa yang akan datang. Ekskul yang dibina langsung oleh Drs. Nur Ispriyatno yang juga merupakan guru Olahraga di smaring aktif dalam berbagai open tournament seperti Liga Pelajar Indonesia (LPI) , meskipun dalam perjalananya team sepak bola smaring masih belum mampu menjadi yang terbaik.ekskul ini melakukan satu kali dalam seminggu, yakni setiap hari rabu sore pada jam 15.00 wib. 

Team Sepak Bola smaring ketika mengikuti Liga Pelajar Indonesia (LPI)

11. EKSTRAKURIKULER TEATER

Smaring (05/12/13) - Drama diambil dari bahasa Yunani yang berarti gerak. Jadi Seni Drama adalah identik dengan seni gerak. Didalam bidang seni drama sebenarnya terdapat beberapa unsur seni yang di padukan menjadi satu diantaranya adalah seni sastra (naskah), seni rupa (background pangung dan property), seni suara (ilustrasi musik) dan seni lukis (panggung). Kegiatan ekstra kurikuler seni drama atau Teater di SMAN 1 Cluring adalah kegiatan (ekstra) yang dilaksanakan diluar jam belajar atau diluar kelas yang mengandung nilai edukatif, kreatif, inovatif dan mengapresiasikan bakat berkesenian, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari kamis jam 14.00 wib. Dalam ekskul teater yang tergabung dalam wadah Garasi Teater, Dance dan movie dokumenter ini diikuti sekitar 25 orang siswa dengan pembina Drs. Abd. Muhith yang juga merupakan guru bahasa indonesia. Prestasi yang diraih oleh Garasi teater smaring diantaranya adalah; sebagai juara 1 dalam festival teater remaja se-kab. Banyuwangi sekaligus meraih the best actris pada tahun 2007, hal ini dapat dipertahankan pada tahun berikutnya dengan meraih juara 1 dan aktor terbaik sehingga garasi teater smaring meraih juara umum dalam kejuaraan tersebut. 

Crew Teater "GARASI" Smaring





12.  EKSTRAKURIKULER FUTSAL

Smaring (05/12/13) - Kegiatan Ekskul Futsal di smaring bertujuan untuk memberikan wadah olahraga kepada para siswa yang mempunyai hoby dalam sepak bola serta melatih dan mengarahkan minat para siswa serta bakat siswa.
Bertempat dilapangan utama sekolah, ekskul futsal ini melakukan latihan setiap hari rabu, satu kali dalam satu minggu. Dengan dibina langsung oleh Bapak Moh. Suharso, S. Pd ekskul futsal terus menapak peningkatan dalam prestasi, dan baru-baru ini team futsal smaring berhasil meraih juara 3 dalam open turnamen antar pelajar.

Team Futsal smaring bersama pembina

Team Futsal smaring menyerahkan tropy kepada sekolah
 
13. PENCAK SILAT
 
Smaring (05/12/13) - Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia. Pencak silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi.
Silat adalah merupakan salah satu alat pemersatu Bangsa, mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa kita. Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional. Di Indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada didalamnya. di SMAN 1 Cluring baru sekitar 2 tahun ini ekskul pencak silat berdiri dengan pembina Imam Afandi, S.Pd dan latiihanya juga sudah terjadwal cukup baik, yakni seminggu dua kali (rabu dan sabtu) ekskul ini diikuti tak kurang dari 30 orang siswa/siswi. dengan adanya ekskul pencak silat ini diharapkan juga sebagai media untuk menyalurkan hoby yang pada akhirnya nanti diharapkan para siswa/siswi yang ikut dalam ekskul silat ini dapat berprestasi sehingga olahraga asli indonesia ini dapat terus terjaga keberadaannya dan siswa dapat menyelami lebih dalam tentang keluhuran yang tergandung dalam pencak silat. 

Ekskul Silat Smaring

 14. EKSTRAKURIKULER BULU TANGKIS

Smaring(05/12/13) - Memang tidak banyak sekolah yang menyelenggarakan ekstrakurikuler Bulu tangkis atau badminton, SMAN 1 Cluring salah satunya, berawal dari kegiatan rutin yang diikuti oleh para pengajar di smaring, akhirnya timbul ide untuk menjadikan bulu tangkis masuk dalam program ekskul di smaring. Kurang lebih 2 tahun ini ekskul bulu tangkis berdiri dengan pembina bapak Agus Supriyadi, S.Pd (guru matematika). Latihan yang digelar rutin setiap hari rabu jam 14.00 wib ini bertempat di salah satu gedung olah raga yang ada di Desa benculuk - Cluring. lebih dari 25 orang siswa setiap rabu mengadakan latihan bersama. beberapa event atau pertandingan juga sering diikuti oleh team bulu tangkis smaring walaupun masih dalam skala regional. 

Ekskul Badminton smaring

15. BACA TULIS AL-QUR'AN 

Smaring(05/12/13) - Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangat pesat sekali, tidak sedikit sekolah yang sudah menggunakan fasilitas teknologi dalam pembelajaran demi untuk peningkatan mutu siswa. Namun tidak sedikit pula sekolah yang perhatian terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya pada bidang Baca Tulis Al­Qur’an. Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tullis Al Qur’an (BTA) adalah sebuah kegiatan membaca Al Qur’an jelas,dan teratur, sedang menurut istilah ahli qiro`at ialah membaca Al Qur`an dengan pelan-pelan dan tenang, beserta dengan memikirkan arti-arti Al Qur`an yang sedang dibaca, semua hukum tajwid dan waqof terjaga dengan baik dan benar / terpelihara dengan sempurna. Agenda kegiatan BTA di SMAN 1 Clurin diselenggarakan sesuai dengan jadwal satu kali, yakni dihari Jum'at setelah sholat Jum'at. kegiatan ekskul Baca Tulis Al-Qur'an ini dibina langsung oleh Drs. Makmun Rahmat. Baca Tulis Al­Qur’an merupakan bagian yang sangat mendasar untuk memahami Al­Qur’an dan Al­Hadist sebagai sumber ajaran agama Islam. Sebab pendidikan agama Islam sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku, kemampuan sumber daya manusia seseorang, sehingga bermanfaat dan memberikan kemaslahatan bagi dirinya dan masyarakat pada umumnya, menuju manusia yang berakhlaq mulia dalam kehidupan sosial sehari­ hari.


 16. EKSTRAKURIKULER TEKNOLOGI DAN INFORMASI (TIK)

Smaring(05/12/13) -  Perkembangan dunia teknologi dunia saat ini memang cukup pesat, berbagai program teknologi komunikasi juga semakin cangih. dikalangan pelajar penguasaan TIK dirasa perlu untuk memberikan bekal yang baik, agar siswa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan baik, sehingga kedepannya siswa mempunyai bekal keterampilan yang mempuni ketika mereka terjun dimasyarakat. di SMAN 1 Cluring ekskul TIK yang dibina langsung oleh Bapak Kamdilah Arifin, S. Pd ini menempati ruang Lab. Kumputer untuk menjalankan aktifitas mereka.Salah satu tujuan dari ektrakurikuler TIK ini adalah untuk menanamkan kebiasaan mencari informasi, dengan mengedepankan etika dan penghargaan terhadap karya teknologi. Kreatifitas merupakan orientasi utama kegiatan ekstrakurikuler ini, melalui pembuatan materi presentasi, desain grafis dan web dengan fasilitas yang hemat.
Kegiatan ekskul TIK ini dilakukan setipa pulang sekolah yakni pada hari sabtu. Ekstrakurikuler ini begitu bermanfaat sekali bagi para siswa-siswi SMAN 1 Cluring. Karena dengan ekstrakurikuler ini  para siswa-siswi smaring bisa mendapatkan pengetahuan tambahan yang sangat bermanfaat tentang dunia teknologi informasi.


foto-foto by.hexa

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites