Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Selasa, 03 Desember 2013

PROFIL EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 CLURING - BANYUWANGI

Smaring (04/12/13) - Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah suatu kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling, salah satu upayanya adalah guna membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh sekolah sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut. diharapkan dengan adanya Ekstrakurikuler ini para siswa dapat mengembangkan potensi, bakat dan minat dalam dirinya secara optimal, serta dapat menumbuhkan kemandirian siswa  yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. berikut akan kami angkat sekilas tentang profil ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Cluring - Banyuwangi.

A. BOLA BASKET :

     Ekstra Bola Basket ini adalah merupakan ekstrakurikuler yang cukup mendapatkan sambutan yang cukup baik dari para siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang ikut dalam ekstrakurukiler yang dibina langsung oleh Drs. Makhrus yang juga merupakan guru olahraga smaring.Ekstrakurikuler ini rutin berlatih setiap hari selasa dan sabtu setiap minggunya. Selain melaksanakan latihan disekolah, team basket smaring terkadang juga melaksanakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain yang ada di Kabupaten Banyuwangi, serta juga mengikuti tournament bola basket.

Team Bola Basket Smaring




B. BOLA VOLY  


        Bola Voli merupakan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang olahraga yang ada di SMAN 1 Cluring. Ekstrakurikuler voli dilaksanakan setiap hari Rabu sore sekitar pukul 15.00 WIB. Ekstrakurikuler ini diikuti oleh kelas X dan XI, Ekstrakurikuler Bola Voly ini diadakan karena untuk mengembangkan bakat minat siswa SMARING dalam bidang olahraga terutama voli. Siswa SMARING yang mengikuti kegiatan rutin voli merasakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi diri sendiri, yakni meyalurkan bakat serta minat maupun untuk sekolah.
Ekstrakurikuler bola voly mengadakan latihan ini untuk mempererat tali persaudaraan serta mengasah kemampuan siswa dan untuk mengetahui seberapa kemampuan siswa ketika bertanding melawan sekolah lain.
Sarana dan prasarana Bola Voly di SMARING sudah mencukupi, yang terdiri atas bola voli yang cukup banyak, 1 lapangan voli, dan 2 net. Pelatih ekstrakurikuler bola voli adalah Drs. Nandari yang juga sebagai guru Sejarah di SMAN1 Cluring. 

Team Bola Voly Smaring

 C. PALANG MERAH REMAJA (PMR)
     Ekstrakurikuler yang dibina oleh Dra. Subekti rahayu ini, sudah ada di smaring kurang lebih 13 tahun yang lalu yang mana pendirinya adalah Bapak Sungiba kirawan, S. Pd yang juga merupakan guru biologi di smaring. sebelum masa pensiun ekstrakurikuler PMR berganti pembina yang ke Ibu Dra. Subekti Rahayu guru Geografi di smaring juga.
PMR menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang sangat bermanfaat untuk diikuti oleh para siswa-siswi. PMR lebih fokus mengajarkan para remaja terkait kesehatan dan pengobatan.Banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dan bisa berguna/diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. PMR melakukan latihannya setiap hari senin,dan ekstrakurikuler ini sering mengikuti kegiatan baik itu kemah atau perlombaan PMR antar PMR Wira se-Kab. Banyuwangi. Beberapa prestasi yang sudah didapat oleh PMR smaring adalah:
1. Juara 1 : lomba penyuluhan tingkat wira Jumbara PMR Tingkat Kabupaten -
                  Banyuwangi (2004)
2. Juara 3 : Lomba PP tingkat wira (putra) Jumbara PMR III Tingkat Kabupaten 
                  Banyuwangi (2004)
3. Har.1    : Lomba pertolongan pertama (PP) PMR Tingkat wira HUT PMI ke-58
                  Cabang Banyuwangi (2004)

PMR SMARING

 D. PECINTA ALAM SMARING (SPARING)
     Sparing (siswa pecinta alam sman 1 cluring) berdiri sekitar tahun 2007 dengan pembina saat ini adalah Hadi Riyanto, S.pd (guru sejarah). ekstrakurikuler ini mempunyai prestasi yang cukup membanggakan dan pernah menjadi organisasi teraktif versi Himpunan pecinta alam banyuwangi (hipaba). para siswa/siswi sparing pada angkatan pertama juga pernah melakukan pendakian di gunung raung yang mana dalam ekspedisi tersebut diikuti 5 orang siswa dan satu pembina pendamping. ekstrakurikuler ini melakukan latian dua kali dalam seminggu, yakni pada hari selasa dan sabtu. 

SPARING 
bersambung ....

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites