Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Senin, 25 Mei 2015

PENGURUS PIK-R SMAN 1 CLURING DILANTIK

Dita Ayu (Ketua PIK-R)
Smaring -  Pagi hari ini (25/5) bertepatan dengan pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin ke 25 siswa dilantik menjadi Pengurus Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) untuk periode Tahun Pelajaran 2014/2015. Pelantikan pengurus PIK-R ini dilantik langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Cluring, Drs. Sutjipto, M.Pd. Ke 25 pengurus PIK -R yang baru ini, nantinya bertugas untuk memberikan informasi tentang pelayanan kesehatan reproduksi pada tingkat remaja dalam hal ini adalah siswa sebaya.

PIK-R adalah kepanjangan dari Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja.  berada dibawah naungan BKKBN. peran PIKR  adalah untuk membantu memberikan informasi tentang dunia remaja, mulai dari masalah penyalahgunaan Napza, sampai ke permasalahan penyebaran Virus HIV/AIDS, bahkan tidak itu saja masalah Kesehatan Reproduksi pun kita bahas tuntas dan ada konseling tentang dunia remaja dan seputar permasalahan remaja. para remaja biasanya mempunyai ide, tanggapan dan kemauan sendiri tentang dunianya, remaja itu unik oleh karenanya BKKBN mencoba untuk menjadi mengandeng para remaja untuk membantu menyampaikan informasi tentang kesehatan reproduksi pada remaja.
karena menurut pakar psikologi bahwa biasanya seorang remaja tidak mau dikekang bahkan tidak mau diatur, karena remaja mempunyai karekteristik sendiri dan dunianya sendiri. maka dari itu kami bersepakat bagaimana jika informasi tentang penyalahgunaan Napza, HIV/AIDS dan kesehatan reproduksi itu disampaikan oleh remaja sendiri, maka muncullah ide untuk mendirikan PIKR yang awalnya PIK-KRR karena dianggap PIK-KRR kurang gaul dalam dunia remaja maka disingkat menjadi PIKR. Biasanya para remaja merasa malu untuk curhat atau membicarakan tentang masalah pribadinya kepada orang tua atau yang lebih dewasa, tetapi ketika mereka mengungkapkan permasalahannya terhadap temannya ia tidak merasa malu. intinya yaitu supaya informasi tentang Napza, HIV/AIDS dan Reproduksi remaja atau Seks Education mudah diterima dan dipahami oleh remaja, sehingga memunculkan generasi muda yang sehat tanpa terinfeksi HIV, zat adiktif dan menjauhkannya dari kenakalan-kenalan remaja, untuk itulan para remaja dituntut dan diberi informasi untuk berkreasi dan menjadi remaja yang produktif yang mengerti akan keadaan dirinya.
Drs. Sutjipto, M.Pd selaku kepala sekolah berharap "pegurus PIK-R yang baru dibentuk ini benar-benar menjadi relawan-relawan muda yang secara terus menerus memberikan pemahaman sebaik-baiknya tentang hal-hal yang berhubungan dengan problematika remaja sekarang ini, karena kita tahu kehidupan remaja sekarang banyak yang menyimpang dari norma agama dan norma susila". " Maka dari itulah peran dari pengurus PIK-R ini diharapkan benar-benar nyata di lingkungan sekolah". tambahnya.(hexa)

Lampiran 2        :  Surat Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Cluring
   Nomor : 422 / 586 / 429.245.11 / 2015
Tentang            :  Struktur Pengurus PIK Remaja SMA Negeri 1 Cluring Periode 2014 / 2015


STRUKTUR PENGURUS
PIK REMAJA SMA NEGERI 1 CLURING
PERIODE 2014-2015

Penanggung Jawab       :  Drs. SUTJIPTO, M.Pd
Pembina PIK-R              :  NURUL BADRIYAH, S.Pd

Ketua                            :  Ditha Ayu Eka Prasetya Dana
Wakil Ketua                   :  Nanin Agustin
Sekretaris                     :  Shabrina Puteri
Bendahara                    :  Candra Mring Cahyani

SEKSI-SEKSI
1.     Seksi konseling :
Koordinator       : Annisa Nuril Deanty
Anggota           : 1. Arena Fita
  2. Eva Intan Herdiyana Putri
  3. Novianti Ari Prasinta
  4. Vera Maulinda

2.     Seksi Kenakalan Remaja :
Koordinator       : Anggi Sukma
Anggota           : 1. Eva Kurniasari
  2. Febiola Safira
  3. Ines Amalia Syah Naz Haq
  4. Inggita Sukma Angreini
  5. Palupi Tri Winarni
  6. Pramita Aprilia
  7. Ulia Ethika Rahma

3.     Seksi Kesehatan :
Koordinator       : Anis Amalia Syah Naz Haq
Anggota           : 1. Aisyah Candra Xaviera
  2.Dinda Meidi
  3. Feby Zakina
  4. Fella Permata Sari
  5. Nova Dwi Jayanti
  6. Rosa Fatmawati
  7. Sari Hidayatul Kholifah


sumber:  http://pikr-pasjam.blogspot.com/
fotoby: Hendra Wijaya

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites