Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Jumat, 27 Januari 2012

SISWA SMARING STUDY SOSIAL BUDAYA DI KEMIREN

Cluring- Sebagai salah satu bentuk pengembagan karakter siswa, SMA Negeri 1 Cluring beberapa waktu yang lalu mengadakan kegiatan study observasi sosial budaya yang dilaksanakan di Desa Adat Kampung Using Kemiren Kecamatan Glagah - Banyuwangi. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas XII IPS ini dimaksudkan guna Meningkatkan wawasan peserta didik terhadap mata pelajaran sosiologi, selain itu juga kegiatan penelitian tersebut bertujuan, diantaranya adalah :Mengenal lebih dekat kondisi social masyarakat kemiren, sebagi salahsatu desa adat di Indonesia khusunya di Banyuwangi, Memberikan pelajaran bagi peserta didik dalam hal bersosialisasi dengan masyarakat, Pengembangan pendidikan karakter peserta didik, untuk dapat bekerja sama, mandiri, rajin membaca dan bertannggung jawab,Mengaplikasikan teori / materi disekolah dengan kehidupan nyata dimasyarakat khususnya masyarakat Desa Kemiren,Memberikan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan dan membuat laporan kegiatan (penelitian).
Kegiatan study observasi yang dilaksanakan ini adalah merupakan salah satu bentuk pengenalan siswa terhadap sosial budaya, khususnya yang ada didesa kemiren. Desa kemiren adalah merupakan salah satu desa adat yang ada diBanyuwangi yang hingga saat ini masih mempertahankan adat-istiadatnya maupun seni budayannya. Keunikan inilah yang menjadikan desa kemiren banyak dikunjungi oleh turis baik domestik maupun mancanegara.
Selama melaksanakan penelitian atau observasi para siswa menginap dirumah penduduk setempat. ini merupakan bentuk akulturasi siswa dengan masyarakat Desa Kemiren agar terlihat menyatu dan merasakan apa saja yang dilakukan oleh masyarakat desa Kemiren ini. 

Ada beberapa objek study  yang diteriti atau dikunjungi oleh para siswa diantaranya adalah Sanggar Barong Kemiren, Makam Buyut Cili, dan Musium kemiren.(hexa)

foto-foto by: hexa

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites