Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Senin, 19 Juli 2010

PERSAMI DALAM RANGKA MOS

Setelah melaksanakan MOS selama tiga hari, sabtu 17 Juli 2010 OSIS SMAN 1 Cluring mengadakan Perkemahan Sabtu-Minggu atau yang lebih dikenal dengan PERSAMI. acara ini adalah merupakan rangkaian dari Program Kerja Osis SMAN 1 Cluring yang dilaksanakan dalam rangka penerimaan peserta didik baru. 
Selama Pelaksanaan Persami ini siswa baru mengikuti beragam kegiatan yang dimulai dari pagi hari hingga malam. sehingga para siswa baru ini tidak waktu yang terbuang sia-sia, semuanya diisi dengan hal-hal yang positif.
Pada pagi harinya sebelum acara Persami dimulai,diadakan upacara pembukaan oleh Bapak Kepala SMAN 1 Cluring SURATNO,S. Pd, M.M. Dalam kesempatan itu Bapak Kepala Sekolah juga memberikan pengalamannya selama beliu bergabung dengan Pramuka, baik sejak masih SD hingga Keperguruan Tinggi beliu selalu aktif dalam kegiatan kepanduan tersebut.Banyak hal positif yang dapat diambil selama kita mengikuti kegiatan Pramuka ini.
Selanjutnya setelah acara pembukaan, para peserta Persami ini kembali dilatih PBB dan Tekspram dan yang kali ini bertindak sebagai instruktur PBB adalah siswa/siswi SMARING yang tergabung dalam PASKIBRA, ada Mentari, Puput, Ericha,Fandi, dan Dino. kelima orang tersebut melatih dengan serius para juniornya,dengan harapan dari materi pelatihan PBB yang mereka berikan nantinya siswa menjadi lebih disiplin,hal ini juga merupakan salah satu tujuan guna menjaring siswa/siswi dari kelas X (sepuluh) dalam seleksi PASKIBRA baik tingkat Kecamatan ataupun Kabupaten yang sebentar lagi dilaksanakan.
Pada siang hari para siswa baru ini diajak untuk bermain-main, yakni kegiatan yang dilakukan untuk membangun kerjasama dan kekompokan dalam Outbound. Pelaksanaan Outbound tersebut pimpin langsung oleh Mas. Hendra dan Bp. Mahmud, S.Pd serta dibantu oleh Team BALATIKA OUTBOUND SMARING. Beberapa permainan diberikan oleh para Fasilitator Outbound Balatika ini diantaranya adalah; Rawa Beracun,Pindah tali dalam lingkaran dan ada juga permainan bola bergulir. 
Seluruh siswa baru ini terlihat sangat menikmati kegiatan kali ini, ini terlihat dari atusiasme mereka mengikuti semua kegiatan atau materi outbound yang diberikan oleh para fasilitator.
Lebih dari tiga jam acara tersebut dilaksanakan dan ditutup dengan evaluasi kegiatan oleh salah seorang fasilitator Outbound yakni mas. Hendra.
Selain kegiatan tersebut juga dilaksakan kegiatan yang bernuasa keagamaan, para siswa danjuga para panitia dari OSIS mengadakan sholat Magrib dan Isya'berjamaah di mushola SMARING. Dalam kesempatan itu Manager Representatif (MR) SMAN 1 Cluring yakni Bapak SLAMET WAHYONO, S. Pd memberikan ceramah, atau yang lebih tepatnya diskusi keagamaan yang mudah diterima atau dicerna oleh para siswa baru tersebut. contohnya ketika bp. Slamet bercerita tentang awal mula kepompong hingga menjadi kupu-kupu, ternyata disitu bisa tergali apa saja perbuatan yang baik dan perbuatan yang seharusnya dihindari yang pada akhirnya diharapkan dari cerita tersebut akan tercipta sosok pemuda/remaja yang mempunyai akhlak yang mulia. acara tersebut dilaksanakan hingga menjelang sholat Isya' dan kamipun melaksanakan sholat Isya'berjamaah. 
Setelah kegiatan yang bernuasa keagamaan tersebut, acara kepramukaan kembali dilanjutkan dengan dilaksanakannya Upacara Api Unggun. tak ketinggalan dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak/Ibu wali murid dari kelasa X(sepuluh) yang menjenguk putra-putrinya.
Acara pada malam itu tidak terhenti saat itu, tapi acara dilanjutkan dengan training ESQ yang kali ini sengaja pihak sekolah mengundang para training ESQ untuk memberikan siraman rohani. acara tersebut tidak hanya dikuti oleh siswa akan tetapi Bapak dan Ibu Guru SMARING juga turut serta hadir dalam kesempatan tersebut. tak sedikit para siswa meneteskan air mata dalam acara ESQ tersebut, seakan mereka terbawa emosi betapa kecilnya kita dihadapan Allah SWT. Kesalahan-kesalahan yang kita perbuat yang terkadang tidak kita sadari seolah dimalam itu seperti hadir didepan mata kita. perbuatan-perbuatan dosa yang pernah kita perbuat kepada kedua orang tua kita,atau kepada Bapak Ibu Guru kita terkadang tanpa kita sadari kita telah menyakiti hari mereka. Kegiatan training ESQ malam itu berakhir dengan penuh keharuan dihari masing-masing siswa,mereka berangkulan satu sama lain dan saling meminta maaf jika selama ini kita telah berbuat kesalahan.dengan damai dihati seluruh siswa menyudahi acara malam itu dengan beristirahat,karena malam telah larut.

Dari seluruh rangkaian acara yang dilaksanakan dalam Persami kali ini tentunya akan membawa kesan tersendiri bagi siswa-siswi baru SMAN 1 Cluring, sebelum mereka pulang pada keesokan paginya, pagi itu seluruh peserta MOS mengadakan Senam pagi bersama. dan acara tersebut ditutup oleh Bapak Wakasek Kesiswaan Drs. Nur Ispriyatno.(hexa)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites