Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Jumat, 11 Maret 2011

Membantik, Sarana Mengenalkan Budaya Bangsa

Cluring,_(12/03/11). Batik adalah merupakan salah satu khasanah warisan budaya bangsa Indonesia yang sampai sekarang masih tetap dilestarikan oleh masyarakat kita, dan batik adalah merupakan salah satu jenis kerajinan yang dianggap memiliki seni yang tinggi dan merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia. Batik mempunyai begitu banyak motif dan masing-masing daerah mempunyai ciri khas tersendiri. 

Sebagai bentuk pengakuan terhadap warisan bangsa terhadap Batik, pemerintah Indonesia telah mematenkan batik. UNESCO telah menetapkan batik sebagai WARISAN KEMANUSIAN UNTUK BUDAYA LISAN DAN NONBENDAWI (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity ) sejak 2 oktober 2009.

Di Banyuwangi misalnya, motif batik begitu banyak seperti : Gajah Uling, Kangkung setingkes, Moto pitik, Paras gempal, Galaran, kopi pecah,sembrung cacing, blarak semplah,Grinsing dan masih banyak sekali motif-motif lainnya.

Karena itu di SMA Negeri 1 Cluring melalui pelajaran mulok, dengan pembina nya Dra. Kiptiyah ini, para siswa mulai dari kelas XI dan XII diajarkan cara pembuatan batik. mulai dari tahap membuat pola,mencanting, memberi warna dan sampai tahap akhir yakni menghilangkan malam sehingga akan terlihat tampilan motif batiknya.

Siswa dipersilahkan membuat motif batik sesuai dengan keinginannya sendiri, sehingga begitu beragam sekali motif yang dibuat. pengenalan bantik ini adalah merupakan salah satu langkah SMA Negeri 1 Cluring guna mengenalkan batik dikalangan pelajar, dan di harapakan dengan adanya keterampilan seni batik ini siswa semakin mengenal batik dan melestarikan batik itu sendiri. kalau bukan kita,siapa lagi yang mau mengenal dan memakai batik. (hexa)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites