Selamat datang di Blog SMAN 1 CLURING

Selasa, 01 Desember 2015

PERINGATAN HARI HIV/AIDS SEDUNIA DI SMARING

Smaring (02/12) - Peringatan Hari HIV/AIDS sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember ini juga di peringati di SMAN 1 Cluring. Kegiatan ini diimplementasikan dengan pemasangan pita merah (simbul hiv/aids) kepada semua warga sekolah, mulai dari Guru hingga siswa. kegiatan ini diperingati guna menumbuhkan kesadaran terhadap penyakit atau wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988 Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.
Sebelum melakukan kegiatan pemasangan pita ini, seluruh siswa dikumpulkan dihalaman basket sekolah, mereka di berikan pengarahan singkat oleh Bapak Wakasek Kesiswaan Drs. Makrus. Dalam kesempatan itu juga disampaikan juga agar para siswa dapat mengerti dan memahami bahaya penyakit AIDS ini.
Sejarah awal mula peringatan Hari AIDS Sedunia ini, ketika pada tahun 1987 yang dicetuskan oleh dua orang yakni Thomas Netter serta James W. Bunn di Geneva, Swiss.
Netter dan James mengungkapkan gagasan peringatan Hari AIDS tersebut kepada Dirut Program AIDS Global yang sekarang bernama UNAIDS yakni DR. Jonathan Mann. Tak Disangka gayung pun bersambut. Akhirnya DR Mann menyetujui hal tersebut dan membuat gagasan jika tanggal 1 Desember 1988 akan diperingati sebagai tahun pertama Hari AIDS Sedunia.
Merasa mendapat lampu hijau, akhirnya James memberikan saran jika pencetusan Hari AIDS sedunia pertama kali tersebut harus diliput media agar acara ini sukses. Akhirnya James yang sebelumnya bekerja sebagai reporter bekerjasama dengan produser Nansy Saslow untuk melakukan kampanye pentingnya kesehatan dan bahaya virus HIV di sejumlah stasiun TV di AS yang dikenal dengan nama AIDS Lifeline.

sumber: 
1.http://www.indoberita.com/2015/11/29548/sejarah-1-desember-diperingati-sebagai-hari-aids-sedunia/
2. Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_AIDS_Sedunia






fotoby; hexa_smaring

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites